PEMBAHASAN
Tugasperkembanganadalahtugas-tugas yang harusdiselesaikanindividupadafase-faseatauperiodekehidupantertentu;
danapabilaberhasilmencapainyamerekaakanberbahagia, tetapisebaliknyaapabilamerekagagalakankecewadandicelaorangtuaataumasyarakatdanperkembanganselanjutnyajugaakanmengalamikesulitan.
Adapun yang menjadisumberdaripadatugas-tugasperkembangantersebutadalah:
Kematanganpisik, tuntutanmasyarakatataubudayadannilai-nilaidanaspirasiindividu.
Pembagiantugas-tugasperkembanganuntukmasing-masingfasedarisejakmasabayisampaiusialanjutadalahsebagaiberikut :
a.Masa bayi (infancy) = Usiaanakmulai 0 hingga 2tahun
bayitidakberdayadansangattergantungpadalingkungandankemudian
(karenaperkembangan) anakmulaiberusahamenjadilebihindependen.Tugasbayipadamasainiadalahsebagaiberikut :
Ø Usia 0-3 bulan
-
Belajarmengangkatkepalasetinggi 45 derajat.
-
Melihatdanmenatapwajah ayah bunda.
-
Belajarmenggerakkankepalakekanandankekiri.
-
Bereaksiterkejutterhadapsuarakeras.
-
Membalastersenyumjikadiajakbicara.
-
Mengenalbundadenganpenglihatan,penciuman,pendengaran,dankontak.
Ø Usia 3-6 bulan
-
Berbalikdaritelungkupketerlentang.
-
Mempertahankanposisikepalatetaptegakdanstabil.
-
Meraihbenda yang adadalamjangkauannya.
-
Berusahamemperluaspandangan.
-
Mengeluarkansuaragembirabernadatinggi.
-
Tersenyumketikamelihatmainan/gambarsaatbermainsendiri.
Ø Usia 6-9 bulan
-
Sudahbisaduduksendiri (dalamsikapdudukbersila).
-
Merangkakdanmeraihmainan.
-
Belajarberdiri,keduakakinyamenyanggasebagianbadan.
-
Memungutbendasebesarkacangdenganmeraup.
-
Bergembiradanmelemparbenda.
Ø Usia 9-12 bulan (1 tahun)
-
Belajarberdiridenganberpenganganpadakursi .
-
Dapatberjalandengandituntun.
-
Sukamemasukkanbendakemulut.
-
Mengulang/menirukanbunyi yang didengar.
-
Memiliki rasa ingintahu.
-
Senangbermaincilukba.
-
Mengenalanggotakeluarga,takutpada orang yang
belumdikenal.
Ø Usia 12-18 bulan
-
Berdiritanpapegangan.
-
Membungkukuntukmemungutmainankemudiankembaliberdiri.
-
Memasukkanmainankubus(bentuk-bentuk) kekotak.
-
Menunjukapa yang diinginkantanpamenangis/merengek.
-
Dapatmemanggil mama papa.
-
Dapatmenariktanganbunda.
-
Memperlihatkan rasa cemburu/bersaing.
Ø Usia 18-24 bulan (2 tahun)
-
Mampuberjalantanpaterhuyung-huyung.
-
Bertepuktangandanmelambai-lambai.
-
Menyebut 3-6 kata yang memilikiarti.
-
Belajarmakandanminumsendiri.
b.Masa awal anak-anak (early
childhood) =
Usiaanakmulai 3hingga 6tahun
Tugasperkembanganpadamasainiadalah :
Ø Usia 24-36 bulan (3 tahun)
-
Dapatbermaindanmenendang bola kecil.
-
Mencoret-coretkertas.
-
Bicaradenganbaikmenggunakan 2 kata
-
Dapatmenunjuk 1/lebihbagiantubuhketikadiminta.
-
Melihatgambardanmampumenyebutdenganbenarnama-nama yang
adapadagambartersebut.
-
Dapatmelepaspakaiannyasendiri.
-
Makannasisendiritanpabanyaktumpah.
Ø Usia 36-48 bulan (4 tahun)
-
Melompatdengankedua kaki diangkat.
-
Mengayuhsepedaroda 3.
-
Menggambargarislurus.
-
Mengenal 2-4 warna.
-
Dapatmenyebutnama,umur,dantempat.
-
Bermaindengantemandanmengikutiaturanpermainan.
-
Mengenakanbaju,celana,dansepatusendiri.
Ø Usia 48-60 bulan (5 tahun)
-
Dapatberdiridengan 1 kaki selama 6 detik.
-
Sukamendengarkancerita/dongeng.
Ø Usia 60-72 bulan (6 tahun)
-
Berjalanlurus.
-
Menggambar orang secaralengkap
-
Menangkap bola dengankeduatangan.
-
Menggambarsegiempat.
-
Mengertilawan kata.
-
Mengenalangka,biasberhitungangka 1-10.
-
Mengungkapkansimpati.
c.Masa pertengahan dan akhir anak
(midle and late childhood) = Usiaanakmulai 7hingga 11 tahun.
- Belajarketerampilanfisik
yang diperlukanuntukbermain.
-
Belajarbergauldengantemansebaya.
-
Mengembangkanketerampilan-keterampilandasaruntukmembaca,menulis,danberhitung.
-
Mengembangkansikapterhadapkelompok social danlembaga.
2. Periode Remaja
Remaja merupakan masa
berkembangnya identity (identitas) (Erik Erickson (Adams &
Gullota, 1983 : 36 – 37; Conger, 1977 : 92 – 93)).
Identity
adalah
suatu pengorganisasian dorongan – dorongan (drives), kemampuan –kemampuan (abilities),
keyakinan – keyakinan (beliefs), danpengalaman – pengalaman individu
ke dalam citra
diri (images of self) yang konsisten (Anita E.
Woolfolk).
a. RemajaAwal
Seorang remaja pada tahap ini masih terheran-heranakan perubahan-perubahan yang terjadi
pada tubuhnya sendiri dan dorongan-
dorongan yang menyertai perubahan-perubahan
itu.
-
Tampak dan memang merasa lebih dekat dengan teman sebaya,
-
Tampak dan merasa ingin bebas,
-
Tampak dan memang lebih banyak memperhatikan keadaan tubuhnya dan mulai berpikir
yang khayal (abstrak).
b. RemajaAkhir
Masa remaja akhir
ditandai oleh keinginan yang kuat untuk tumbuh
dan berkembang secara
matang agar dapat diterima oleh
teman sebaya ,orang
dewasa, dan budaya. tugas –
tugas
perkembangan pada masa
ini adalah :
-
Menampakkan pengungkapan kebebasan diri,
-
Dalam mencari teman sebaya lebih selektif.
-
Memiliki citra
(gambaran, keadaan, peranan) terhadap
dirinya,
-
Dapat mewujudkan perasaan cinta.
3. PeriodeDewasa
Tugasperkembanganmasadewasa :
a. DewasaAwal
a.Dewasa
awal.
b.Memilih pasangan hidup.
c.Belajar
dengan pasangan menikah.
d.Memulai
hidup berkeluarga.
e.Mengelola
rumah tangga.
f.Mulai
bekerja.
g.Bertanggung
jawab sebagai warga negara.
h.Menemukan
kelompok sosial yang serasi.
b. DewasaPertengahan
a.Dewasa
pertengahan.
b.Mencapai
tanggung jawab sosial sebagai warga negara.
c.Membantu
remaja belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.
d.Mengembangkan
kegiatan-kegiatan pengisi waktu senggangang.
e.Menghubungkan
diri sendiri dengan pasangan hidup sebagai suatu individu.
f.Menerima
dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan fisiologis.
g.Mencapai
dan mempertahankan prestasi yang memuaskan dalam karier pekerjaan.
h.Menyesuaikan
diri dengan orang tua yang semakin tua.
c. DewasaAkhir (MasaTua)
a.Menyesuaikan
diri dengan menurunnya kekuatan fisik dan kesehatan.
b.Menyesuikan
diri dengan masa pensiun dan menurunnya penghasilan keluarga.
c.Menyesuaikan
diri dengan kematian pasangan hidup.
d.Menyusuaikan diri dengan peran
sosial secara luwes.
0 komentar:
Posting Komentar